You are here > Home Laporan Utama Edisi 2011 September-Oktober 2011 PAJAK UNTUK USAHA KECIL
Tue 22 Jul 2014
PAJAK UNTUK USAHA KECIL PDF Cetak Surel
Ditulis oleh rizqi   
Kamis, 08 Maret 2012 10:14

PAJAK PENGHASILAN (PPh) bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kembali menjadi pembicaraan yang hangat. Sebab Dirjen Pajak yang kini sedang mengkaji bentuk peraturan pemerintah (PP) tentang PPh bagi usaha kecil itu, akan tetap memaksakan untuk menerbitkan PP tersebut dalam waktu dekat ini.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, mengaku tak pernah diajak berdiskusi soal PPh ini. Padahal instansi pemerintah dibawah kementerian perindustrian ini sangat berkompeten dengan seluk beluk kehidupan industri kecil. Dia tahu suka dukanya. Malah ia kerap turun ke bawah untuk mengakomodir pendapat sejumlah industri kecil di lingkungannya itu, yang sebagian besar menyatakan keberatan atas pengenaan PPh itu. sebab usaha sector informal ini belum punya akses pasar yang stabil, sehingga penghasilannya pun tidak tetap.

Kementerian koperasi dan UMKM sendiri kelihatan bersikap setengah hati. Di satu sisi ia membela keinginan UMKM, tapi di sisi lain pak Menteri menyatakan mendukung pengenaan pajak asal tak memberatkan beban cost pelaku usaha kecil itu.

Kalangan usaha kecil pun tak kalah lantang teriaknya untuk menyuarakan kekesalannya pada Dirjen Pajak yang dianggap tak tahu banyak pahit getirnya kehidupan bisnis UMKM. Pejabat Dirjen Pajak itu tidak tahu jika UMKM saat ini nafasnya megap-megap. Bahkan banyak juga yang mati.

Pelaku usaha kecil itu mengolok-olok pemerintah, “UMKM nggak pernah diberi fasilitas KUR yang katanya tanpa agunan itu, sekarang malah mau mengenakan pajak? Apa nggak malu? Kalau ada UMKM yang mengaku mendapat fasilitas kredit dari pemerintah, ya.. sudah mereka saja yang ditarik pajak,” sindirnya.

 

KAMAR DAGANG INDUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH
[ K A D I N U M K M ]

Jl. Bung Tomo 8A - Surabaya
Telp. (031) 501 5264, Fax. (031) 501 5276
- Best Viewed In 1280 x 1024 Resolution Using Firefox -